Tayangan halaman minggu lalu

Rabu, 10 Agustus 2011

istilah JUPE DATANG...!!


mohon di pahami.

yang gue dimaksud disini bukan “JUPE” yang sering kena msalah....

tetapi yang ane maksud disini adalah :

1) Ju : Jujur

2) Pe : Peduli

3) Da : Cerdas

4) Tang : Tangguh .


mau tau artinya ?

Sudah tahu apa sih JUPE DATANG . JUPE DATANG sendiri juga berkaitan dengan TOT (Training Of Trainer). Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan satu per satu .

Pengalaman yang akan saya ceritakan terjadi pada hari pertama saat kami datang ke YPPI, pada saat tersebut kami diberi tanggung jawab oleh para panitia penyelenggara TOT untuk menjaga balon yang berisi air, satu buah balon itu diberikan oleh dua kelompok, jadi kedua tim itu harus bekerja sama untuk menjaga bola air tersebut. Saat itu yang memilih bola air itu adalah teman saya Ageng permadi, pada saat itu dia tidak melihat kondisi bola air yang telah dia pilih tapi dia sudah punya firasat bahwa ada kejanggalan dengan bola air tersebut.

Setelah itu kami menuju tempat peristirahatan untuk para pria. dan kami berinisiatif untuk melindungi balon tersebut dengan dibungkus dengan handuk kemudian di masukan ke dalam kantong kresek dengan tujuan agar mudah dibawa kemana-mana. Namun pada saat akan namun saat shift untuk pergantian penjaga bola air itu tiba-tiba pecah, sontak kami termasuk saya kaget dan kebingungan harus melakukan apa…lalu kami memutuskan untuk memberitahu panitia, jadi kami langsung membawa bola air pecah tersebut menuju kak Cams, dan yang dikatakan kak Cams, ” Itu sudah resiko anda”. Dari kata2 itu kami memutuskan untuk tetap menjaga bola air tersebut sampai acara selesai. Jadi Inti dari permasalahan diatas adalah Kejujuran , seorang The Winner harus mempunyai hal tersebut bisa saja saat itu kami menyembunyikan bola tersebut dan tidak memberitahu panitia, tetapi kami disini tetap konsisten dengan moto JuPe DaTang.

Lalu untuk peduli di dalam TOT memang ditekankan untuk peduli terhadap anggota kelompok yang lain, karena jika terjadi suatu kesalahan yang dilakukan oleh satu orang saja maka seluruh anggota kelompok pun akan terkena imbasnya. Seperti pada paermainan Water pipe jika salah satu teman berusaha keras menutupi lubang-lubang yang ada dengan berbasah-basah ria, yang lain juga harus ikut berbasah-basahan saling bergotong royong menutupi lubang-lubang yang ada tanpa takut akan basah.
games ini kami juga dituntut untuk bekerja sama tentunya untuk mengisi tabung yang dilubangi, tetapi kami juga harus dituntut untuk berpikir Cerdas, memikirkan cara untuk mengisi tabung yang berlubang tersebut.

Dan yang terakhir kita harus Tangguh. Ketika kegiatan Menyongsong Fajar, jarak tempuh yang harus dihadapi bukan main jauhnya, kalau menurut saya sampai belasan kilometer dan sesuai dengan daerah pegunungan yang terkadang treknya menanjak lalu menurun. Bisa dipastikan para peserta akan kelelahan dan tentunya timbul rasa menyerah untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Namun disinilah letak kekuatan diri kita, kita harus tangguh dalam menghadapi berbagai cobaan yang menimpa kita. Berjalan kaki dengan jarak yang sangat jauh hanyalah secuil dari cobaan yang ada dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar